A |
Kinerja Inti |
|
Mutu Lulusan |
1 |
1. Siswa menunjukkan perilaku disiplin dalam berbagai situasi. |
Tata tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin); |
|
|
|
Buku piket yang berisi keterlambatan siswa
dan ketidakhadiran siswa di sekolah/madrasah; dan
|
|
|
|
Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang memuat kedisiplinan waktu siswa. |
|
|
|
Buku piket yang memuat catatan ketidakdisiplinan siswa berpakaian; dan |
|
|
|
Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang berisi ketidakdisiplinan siswa berpakaian. |
|
|
|
Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang berisi ketidakpatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah/madrasah. |
|
|
|
2 |
2. Siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktivitas di sekolah/ madrasah. |
Laporan kegiatan pembiasaan perilaku religius siswa yang mencakup agenda/jadwal dan jenis kegiatan. |
|
|
|
Catatan guru tentang sikap toleran dan kerukunan hidup antarpemeluk agama/ kepercayaan. |
|
|
|
3 |
3. Siswa menunjukkan perilaku tangguh dan bertanggung jawab dalam aktivitas di sekolah/madrasah. |
Portofolio tugas dalam pembelajaran yang mencakup materi dan nilai yang diperoleh siswa; dan |
|
|
|
Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang mencakup jenis kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi kegiatan. |
|
|
|
4 |
4. Siswa terbebas dari perundungan (bully) di sekolah/madrasah. |
Catatan guru/wali kelas yang mencakup jenis perundungan yang terjadi, bentuk pembinaan yang diberikan, dan jenis sanksi yang diberikan |
|
|
|
Laporan kegiatan pencegahan perundungan yang mencakup agenda, panduan, dan partisipasi siswa; dan |
|
|
|
Media afirmasi dalam bentuk poster/banner/spa nduk/ leaflet. |
|
|
|
5 |
5. Siswa menunjukkan keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21. |
Portofolio/tugas yang mencakup tugas melalui media daring, media luring, dan Nilai yang diperoleh siswa; dan |
|
|
|
Portofolio/tugas yang mencakup tugas melalui media daring, media luring, dan Nilai yang diperoleh siswa; dan |
|
|
|
Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara tertulis |
|
|
|
6 |
6. Siswa menunjukkan keterampilan berkolaborasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21. |
Catatan penilaian sikap kolaborasi/kerja sama. |
|
|
|
Laporan kegiatan yang berisi partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan OSIS |
|
|
|
Laporan kegiatan bersama di luar sekolah/madrasah yang mencakup jumlah dan jenis kegiatan serta data keterlibatan siswa. |
|
|
|
7 |
7. Siswa menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah sesuai karakteristik abad ke-21. |
Portofolio/tugas dalam proses pembelajaran dan nilai yang diperoleh siswa. |
|
|
|
Hasil karya dan prestasi siswa yang menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara lisan maupun tulisan. |
|
|
|
8 |
8. Siswa menunjukkan keterampilan kreativitas dan inovasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21. |
Portofolio tugas pembelajaran yang mencakup materi tentang pengembangan kreativitas dan inovasi, serta nilai yang diperoleh siswa |
|
|
|
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan. |
|
|
|
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan. |
|
|
|
9 |
9. Siswa menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat. |
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan. |
|
|
|
Laporan daring/luring tentang prestasi/penghargaan dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat, serta tautan media sosial. |
|
|
|
10 |
10. Siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar. |
Data nilai ujian sekolah/madrasah dalam 3 (tiga) tahun terakhir. (TREN NAIK) |
|
|
|
Leger nilai kelas akhir dalam 3 (tiga) tahun terakhir. |
|
|
|
11 |
11. Pemangku kepentingan (stakeholders) puas terhadap mutu lulusan sekolah/madrasah. |
Laporan hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan. |
|
|
|
|
Proses Pembelajaran |
1 |
12. Proses pembelajaran berlangsung secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran pada satuan Pendidikan. |
Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) [Telaah RPP dilakukan ketika asesor melakukan observasi] |
|
|
|
Lembar Praktikum/Lembar Praktik/Lembar Kerja Siswa |
|
|
|
2 |
13. Penilaian proses dan hasil belajar digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan dilaksanakan secara sistemis. |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
|
|
|
Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (formatif dan sumatif |
|
|
|
Hasil penilaian (formatif dan sumatif) |
|
|
|
3 |
14. Program remedial dan/atau pengayaan diberikan kepada siswa yang memerlukan. |
Catatan/Daftar Penilaian dan Hasil Analisis Pencapaian Kompetensi |
|
|
|
Dokumen Program Pelaksanaan Remedial/ Pengayaan |
|
|
|
4 |
15. Siswa berpartisipasi aktif dalam belajar dan suasana pembelajaran di kelas menyenangkan. |
Observasi dan Wawancara |
|
|
|
5 |
16. Guru melakukan pembiasaan literasi membaca dan menulis. |
Dokumen program sekolah/ madrasah yang terkait dengan pelaksanaan literasi membaca dan menulis. |
|
|
|
Dokumen publikasi dan lomba karya Literasi siswa |
|
|
|
6 |
17. Guru menciptakan suasana belajar yang memperhatikan keamanan, kenyamanan, kebersihan, dan memudahkan siswa untuk belajar. |
Observasi dan Wawancara |
|
|
|
7 |
18. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah/madrasah dimanfaatkan dengan optimal dalam proses pembelajaran |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) [Cermati tentang penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar] |
|
|
|
Daftar penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar |
|
|
|
|
Mutu Guru |
1 |
19. Guru menyusun perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK atau cara lain yang sesuai dengan konteksnya. |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
|
|
|
2 |
20. Guru melakukan evaluasi diri, refleksi dan pengembangan kompetensi untuk perbaikan kinerja secara berkala. |
Laporan kegiatan guru dalam evaluasi dan refleksi diri berdasarkan hasil penilaian siswa, teman sejawat, kepala sekolah/madra sah, dan hasil rekaman audio/video/C CTV. |
|
|
|
Dokumen kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi guru kepada teman sejawat yang difasilitasi oleh sekolah/madra sah (seperti: daftar hadir, notulen, foto, atau video) |
|
|
|
3 |
21. Guru melakukan pengembangan profesi berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan. |
Dokumen kegiatan pengembangan profesi guru |
|
|
|
Dokumen kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi guru |
|
|
|
4 |
22. Guru mengembangkan strategi, model, metode, teknik, dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
|
|
|
|
Manajemen Sekolah |
1 |
23. Sekolah/madrasah mengembangkan, menyosialisasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah. |
Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS/RAPBS/ Pengembangan sekolah/madrasah; dan |
|
|
|
Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M) 2 (dua) periode. |
|
|
|
Dokumen sosialisasi visi dan misi. |
|
|
|
Laporan kegiatan pelaksanaan program. |
|
|
|
Dokumen hasil evaluasi tahunan pencapaian visi, misi, tujuan, dan rencana sekolah. |
|
|
|
Dokumen rekomendasi dari hasil evaluasi (notulen rapat). |
|
|
|
2 |
24. Kepala sekolah/madrasah menunjukkan kompetensi supervisi akademik untuk membantu guru mewujudkan pembelajaran yang bermutu. |
Program/rencana pelaksanaan supervisi dan surat penugasan supervisor. |
|
|
|
Dokumen hasil supervisi 3 (tiga) tahun terakhir. |
|
|
|
Dokumen dalam bentuk jadwal pelaksanaan supervisi sekurangkurangnya 3 (tiga) terakhir; dan |
|
|
|
Dokumen hasil supervisi 3 (tiga) tahun terakhir. |
|
|
|
3 |
25. Kepala sekolah/madrasah secara konsisten, partisipatif, kolaboratif, transformatif, dan efektif memimpin guru, tenaga kependidikan, dan siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam usaha pengembangan kegiatan/program sekolah/madrasah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. |
Dokumen RKS/RKAS 2 (dua) periode; dan |
|
|
|
Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS. |
|
|
|
Laporan kegiatan pelaksanaan program. |
|
|
|
Laporan kegiatan pelaksanaan program. |
|
|
|
4 |
26. Sekolah/madrasah membangun komunikasi dan interaksi antara warga sekolah/madrasah (siswa, guru, kepala sekolah/madrasah, tenaga kependidikan), orang tua, dan masyarakat untuk mewujudkan keharmonisan internal dan eksternal sekolah/madrasah. |
Dokumen kerja sama sekolah/madrasah dengan orang tua siswa dengan masyarakat sekitar (dokumen rapat, foto, atau video) |
|
|
|
5 |
27. Sekolah/madrasah melakukan pembiasaan; aman, tertib, bersih, dan nyaman untuk menciptakan lingkungan sekolah/madrasah yang kondusif. |
Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan sekolah/madrasah, misalnya dokumen pembagian tugas di bidang kebersihan, jadwal kebersihan, dan dokumentasi kegiatan. |
|
|
|
6 |
28. Sekolah/madrasah melibatkan orang tua siswa dan masyarakat dari berbagai kalangan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program, serta kegiatan sekolah/madrasah. |
Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS/RAPBS/ Pengembangan sekolah/madrasah; dan |
|
|
|
Laporan kegiatan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program sekolah/madrasah. |
|
|
|
7 |
29. Sekolah/madrasah mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematis, kreatif, inovatif, dan efektif. |
Notula raker/ pertemuan penyusunan kurikulum sekolah/ madrasah; dan |
|
|
|
Renstra atau rencana pengembangan kurikulum. |
|
|
|
Program/panduan pembelajaran sekolah/madrasah |
|
|
|
Dokumen raker/rapat evaluasi yang berisi rekomendasi perbaikan hasil evaluasi. |
|
|
|
Buku leger atau rekap nilai. |
|
|
|
8 |
30. Sekolah/madrasah menerapkan pengelolaan guru dan tenaga kependidikan secara efektif, efisien, dan akuntabel pada kegiatan rekrutmen, seleksi, penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, kompensasi, dan penghargaan/sanksi. |
Panduan atau SOP pelaksanaan tugas guru/tenaga kependidikan; dan |
|
|
|
Dokumen penugasan guru/tenaga kependidikan |
|
|
|
Dokumen penilaian kinerja. |
|
|
|
Panduan atau SOP pelaksanaan tugas guru/tenaga kependidikan; dan |
|
|
|
Bukti penghargaan/ sanksi. |
|
|
|
9 |
31. Sekolah/madrasah melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana dengan baik untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. |
Panduan/SOP pengelolaan sarana dan prasarana. |
|
|
|
10 |
32. Sekolah/madrasah mengelola anggaran pendapatan dan belanja secara transparan dan akuntabel sesuai perencanaan. |
RAPBS; |
|
|
|
EDS/M; dan |
|
|
|
Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS/RAP BS/Pengembang an Sekolah/ Madrasah. |
|
|
|
Laporan kegiatan pelaksanaan dan pengawasan program sekolah/ madrasah; dan |
|
|
|
Dokumen audit pelaksanaan anggaran/RAPB S. |
|
|
|
11 |
33. Sekolah/madrasah menyelenggarakan pembinaan kegiatan kesiswaan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa |
Dokumen program/kegiatan ekstrakurikuler. |
|
|
|
Surat tugas pembina dan tim lomba/kompetisi. |
|
|
|
Bukti prestasi (Piagam dan/atau Piala). |
|
|
|
12 |
34. Sekolah/madrasah memberikan layanan bimbingan dan konseling siswa dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut, dan karier untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi. |
Dokumen program layanan BK bidang pengembangan pribadi; dan |
|
|
|
Dokumen laporan layanan BK bidang pengembangan pribadi. |
|
|
|
Dokumen program layanan BK bidang sosial; dan |
|
|
|
Dokumen laporan layanan BK bidang sosial. |
|
|
|
Dokumen program layanan BK bidang akademik; dan |
|
|
|
Dokumen laporan layanan BK bidang akademik. |
|
|
|
Dokumen program layanan BK bidang pendidikan lanjut dan/atau karier; dan |
|
|
|
Dokumen laporan layanan BK bidang pendidikan lanjut dan/atau karier |
|
|
|
13 |
35. Sekolah/madrasah melaksanakan Penjaminan Mutu Internal Sekolah/Madrasah setiap tahun terkait pencapaian standar nasional pendidikan, yang meliputi kegiatan: pelaksanaan evaluasi diri sekolah/madrasah (EDS/M), penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) yang merujuk pada rapor mutu |
Dokumen evaluasi diri sekolah/madrasah; dan |
|
|
|
Dokumen RKAS/M dan dokumen EDS/M. |
|
|
|
B |
Kekhususan |
|
Mutu Lulusan |
1 |
36. Lulusan tahun terakhir SMK/MAK mempunyai sertifikat kompetensi sesuai kompetensi keahlian (KK). |
Laporan yang berisi data lulusan terakhir yang mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai kompetensi keahliannya (lembaga pemberi sertifikat dan proporsi lulusan yang memperoleh sertifikat); dan |
|
|
|
Salinan sertifikat kompetensi lulusan tahun terakhir. |
|
|
|
2 |
37. Lulusan SMK/MAK bekerja/berwirausaha. |
Laporan data lulusan yang bekerja di dunia kerja 3 (tiga) tahun terakhir per kompetensi keahlian |
|
|
|
Laporan data lulusan yang berwirausaha 3 (tiga) tahun terakhir per kompetensi keahlian |
|
|
|
|
Proses Pembelajaran |
1 |
38. SMK/MAK menyelenggarakan unit produksi/business center/technopark. |
Dokumen pendirian/legalitas (SK Kepala Daerah/SK Disdik); |
|
|
|
SK Pengurus; |
|
|
|
Struktur Pengurus; |
|
|
|
Uraian tugas pengurus; dan |
|
|
|
Daftar inventaris sarana/prasarana; |
|
|
|
Rencana Strategis (Renstra)/Rencana Bisnis Anggaran (RBA)/Program kerja; |
|
|
|
SOP/SPM; |
|
|
|
Administrasi persuratan; |
|
|
|
Dokumentasi kegiatan; |
|
|
|
Dokumentasi kegiatan; |
|
|
|
Laporan kegiatan produksi dan pemasaran; |
|
|
|
Laporan keuangan; dan |
|
|
|
Rapor mutu SMK/MAK. |
|
|
|
2 |
39. Siswa melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL). |
MoU antara SMK/MAK dengan dunia kerja; dan |
|
|
|
Administrasi persuratan PKL. |
|
|
|
Data penempatan siswa PKL; |
|
|
|
Pemetaan KD sebelum pelaksanaan PKL; |
|
|
|
Dokumen monitoring pelaksanaan PKL; dan |
|
|
|
Jurnal PKL. |
|
|
|
|
Mutu Guru |
1 |
40. Guru melaksanakan kegiatan pelatihan asesor kompetensi atau magang di dunia kerja. |
Sertifikat asesor metodologi; |
|
|
|
Sertifikat kompetensi teknis sesuai kompetensi keahlian; dan |
|
|
|
Sertifikat magang. |
|
|
|
Tata tertib pembelajaran praktik; |
|
|
|
Perangkat pembelajaran praktik; |
|
|
|
SOP penggunaan peralatan praktik sesuai standar dunia kerja/industri; dan |
|
|
|
Lembar penilaian praktik. |
|
|
|
|
Manajemen Sekolah |
1 |
41. SMK/MAK memiliki jejaring/kerja sama dengan dunia kerja dan/atau lembaga-lembaga lain untuk meningkatkan mutu pembelajaran. |
Nota kerja sama (MOU) dengan beberapa dunia kerja dan/atau lembaga lain sesuai dengan kompetensi keahlian; |
|
|
|
Nota kerja sama (MOU) dengan beberapa dunia kerja dan/atau lembaga lain dalam pelaksanaan PKL siswa dan magang guru; dan |
|
|
|
Nota kerja sama (MOU) dengan beberapa dunia kerja dan/atau lembaga lain dalam pelaksanaan penerimaan dan penempatan lulusan. |
|
|
|
Dokumen kegiatan PKL siswa dan magang guru di dunia kerja dan/atau lembaga lain; |
|
|
|
Dokumen kegiatan pembekalan PKL/magang dan pembelajaran dengan menghadirkan guru tamu dari dunia kerja dan/atau lembaga lain; dan |
|
|
|
Dokumen kegiatan penerimaan dan penempatan lulusan |
|
|
|
2 |
42. SMK/MAK menggunakan prasarana praktik yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas proses belajar siswa. |
Denah dan tata letak ruang praktik kejuruan sesuai standar industri; dan |
|
|
|
Daftar inventaris peralatan praktik kejuruan sesuai standar industry |
|
|
|
Jadwal penggunaan ruang praktik kejuruan; dan |
|
|
|
Kartu kontrol penggunaan peralatan praktik |
|
|
|
Laporan pengelolaan ruang praktik kejuruan; dan |
|
|
|
Laporan pengelolaan peralatan praktik kejuruan meliputi peminjaman dan pengembalian dalam pembelajaran praktik. |
|
|
|
3 |
43. SMK/MAK menggunakan sarana pembelajaran praktik kejuruan yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas proses belajar siswa. |
Daftar sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masing-masing kompetensi keahlian; dan |
|
|
|
Daftar inventaris sarana pembelajaran praktik kejuruan berdasar kan jumlah dan jenis pada masingmasing kompetensi keahlian |
|
|
|
Data penggunaan sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masing-masing kompetensi keahlian |
|
|
|
Laporan pemeliharaan sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masingmasing kompetensi keahlian; dan |
|
|
|
Kartu pemeliharaan sarana pembelajaran praktik kejuruan pada masingmasing kompetensi keahlian. |
|
|
|
4 |
44. SMK/MAK mengelola Bursa Kerja Khusus (BKK) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan informasi lowongan kerja, pelaksanaan pemasaran, penyaluran, dan penempatan tenaga kerja dari tamatan SMK/MAK. |
Surat penugasan tim pengelola BKK; |
|
|
|
Program Kerja BKK tentang pemberian layanan informasi lowongan kerja; dan |
|
|
|
Data jejaring dan informasi lowongan kerja |
|
|
|
Program kerja BKK tentang pemberian pelayanan pemasaran, penyaluran, dan penempatan tenaga kerja; dan |
|
|
|
Laporan kegiatan pemasaran, penyaluran, dan penempatan tenaga kerja dari tamatan |
|
|
|
C |
Pemenuhan Relatif |
|
Pemenuhan Relatif |
1 |
1. Kualifikasi akademik guru minimum sarjana (S1) atau diploma empat (D4). |
90%-100% guru berpendidikan S1/D4. (IJAZAH DAN SK YAYASAN) |
|
|
|
2 |
2. Guru yang memiliki sertifikat pendidik. |
85%-100% memiliki sertifikat pendidik. (SERTIFIKAT PENDIDIK) |
|
|
|
3 |
3. Guru yang mengajar sesuai latar belakang pendidikan. |
85%-100% mengajar sesuai latar belakang pendidikannya. (IJAZAH DAN SK YAYASAN) |
|
|
|
4 |
4. Sekolah/madrasah memiliki kepala tenaga administrasi yang memenuhi syarat sesuai ketentuan. |
Kepala tenaga administrasi berpendidikan S1 dengan pengalaman minimal 4 (empat) tahun atau D3 dengan pengalaman minimal 8 (delapan) tahun, dan memiliki sertifikat. |
|
|
|
5 |
5. Sekolah/madrasah memiliki kepala laboratorium/bengkel/workshop dengan kualifikasi akademik sesuai ketentuan standar yang berlaku. |
Guru yang memiliki kualifikasi minimal S1, berpengalaman lebih dari 3 (tiga) tahun, dan memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah; atau laboran/teknisi berpendidikan minimal D3, berpengalaman lebih dari 5 (lima) tahun sebagai laboran/teknisi, dan memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah. |
|
|
|
6 |
6. Sekolah/madrasah memiliki kepala perpustakaan yang memenuhi syarat sesuai ketentuan. |
Jalur pendidik berpendidikan S1/D4 dengan pengalaman minimal 3 (tiga) tahun atau jalur tenaga kependidikan minimal D2 dengan pengalaman minimal 4 (empat) tahun, dan memiliki sertifikat. |
|
|
|
7 |
7. Jumlah rombongan belajar |
Jumlah siswa per rombongan belajar maksimum 32 siswa. |
|
|
|
8 |
8. Bangunan sekolah/madrasah memiliki instalasi listrik dengan daya yang mencukupi kebutuhan. |
Memiliki daya lebih dari 2200 watt. |
|
|
|
9 |
9. Ruangan penunjang yang cukup |
Memiliki ruang kepala SMK/MAK, guru, administrasi, UKS, BK, ibadah, dan OSIS. |
|
|
|
10 |
10. Sekolah/madrasah memiliki WC/jamban. |
Minimum terdapat 1 (satu) unit jamban untuk kurang dari 40 siswa pria, 1 (satu) unit jamban untuk kurang dari 30 siswa wanita 3 |
|
|
|